KKIPK-Kebumen. Setelah mendapatkan prestasi kabupaten yang memiliki Indeks transparansi tertinggi pada tahun 2017, Kebumen pun mendapatkan penghargaan sebagai kota layak anak. Berbagai prestasi yang diraih oleh Kabupaten ini, tidak membuat aparatur Pemerintah kabupaten berpuas diri. Kini, Pemerintah Kabupaten Kebumen, mulai kembali merilis kerja-kerja inovasi di bidang pengelolaan anggaran.
Kabupaten peraih indeks transaparansi tertinggi ini membuat gebrakan dalam pelibatan masyarakat untuk mengawal pengelolaan penganggaran Kabupaten. Partisipasi aktif ini merupakan bagian dari proses transparansi yang didengungkan oleh Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda)  Kabupaten Kebumen.
Salah satu inovasi yang di bangun oleh Bappenda Kabupaten Kebumen adalah dengan menambahkan salah satu menu baru dalam website mereka, yakni “Realisasi PAD”. Menu ini menyediakan informasi terkait dengan Rencana Anggaran Belanja dan serta keseluruhan anggaran dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Inovasi ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kebumen khususnya pada bagian Perencanaan dan Keuangan Bappenda.
Menurut Makhmudatun Suryaningsih, inovasi ini adalah bagian dari pelibatan masyarakat untuk dapat memantau pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kebumen. Bukan hanya itu, masyarakat pun dapat memantau realisasi PAD dari situs resmi Bappenda.
Menu realisasi PAD ini, memiliki tujuan untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai data realisasi, yang nantinya bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan nilai-nilai transparansi, serta optimalisasi capaian target pendapatan daerah.
Share This