Tenaga Ahli

Kegiatan Pembangunan Kesejahteraan dilakukan oleh KKI-PK dengan selalu berpegang teguh pada visi dan misi yang telah ditetapkan. Pencapaian visi dan misi KKIPK dilaksanakan berbasis pada kekuatan sumber daya manusia yang memiliki kapasitas di bidangnya.

Para tenaga ahli yang tercantum berdasarkan topik di bawah ini:

Ifdhal Kasim

Ketua Dewan Nasional

Pria yang biasa di sapa dengan sebutan Ifdal ini telah lama bergelut dalam bidang Hak Azasi Manusia. Mantan Ketua Komisi Nasional Hak Azasi Manusia ini turut membidani lahirnya KKI PK. Sebagai Ketua Dewan Nasional KKI PK, Ifdal menuangkan idealismenya untuk mendorong terjadinya perubahan kesejahteraan dan pengakuan atas hak-hak dasar masyarakat.

Fakhrulsyah Mega

Sekretaris Dewan Nasional

Fakhrul adalah salah seorang yang terlibat intens dalam pendirian KKI PK tahun 2007. Kepiawaiannya dalam berkomunikasi dan mendesain program menjadi salah satu kunci KKI PK tetap berjalan hingga hari ini. Selain kemampuan komunikasi, Fakhrul aktif terlibat dalam forum International dan Nasional. Sebagai salah seorang yang juga turut merumuskan Perpres No. 15 Tahun 2010 tentang Team Nasional penanggulangan Kemiskinan, Fahkrul pun aktif mendorong lahirnya konsep kesejahteraan di Indonesia. Keahliannya dalam merumuskan kajian-kajian kebijakan pembangunan memasukkan Fahkrul dalam deretan team Perumus Dokumen Strategi Nasional Penangulangan Kemiskinan (SNPK)   Republik Indonesia yang berbasis pada Hak-hak Azasi Manusia.

Yaury G.P. Tetanel

Anggota Dewan Nasional

Pria yang akrab dengan sebutan Yaury ini merupakan orang yang ahli dalam pengembangan M&E. Tanggungjawabnya terhadap tugas-tugas yang berhubungan dengan monitoring dan perjalanan program telah membawanya terlibat aktif dalam isu-isu penanggulangan kemiskinan. Kini selain sebagai konsultan lepas di beberapa lembaga internasional dan Nasional, Yaury pun aktif terlibat dalam mengevaluasi dan memonitoring program “PNPM PEDULI”. Keahlian lain yang dimilikinya adalah melakukan analisis keberlanjutan pada setiap program yang dilakukan oleh mitra-mitra KKI PK. Project Cycle Manajement menjadi keahlian lain yang dimilikinya.

Luh Nyoman Dewi Triandayani

Direktur Eksekutif KKI PK

Dewi kini menjabat sebagai direktur Eksekutif KKI PK. Tanggungjawabnya adalah mengelola seluruh manajemen KKI PK. Berkomunikasi dan berkolaborasi aktif dengan pemangku kepentingan kebijakan dan program. Keahliannya adalah melakukan analisis public policy, public communication, pendampingan serta penguatan pada kelompok-kelompok perempuan. Kegiatannya untuk mempromosikan gender budgeting dan akuntabilitas telah disalurkan dalam setiap program-program yang dilakukan KKI PK.

Eko Putranto

Direktur Program

Eko, salah satu  Direktur program yang bertanggungjawab terkait dengan program dan database yang ada di KKI PK. Eko memiliki kemampuan dalam bidang data management, Bussiness Process Analysis, dan pengelolaan  Content Manajemen System (CMS). Pengelolaan website KKI PK hingga kini masih di bawah kendali pria yang satu ini. Keahliannya dalam mengelola data menjadikan dia salah satu specialist data dalam program SAPA yang berhubungan erat dengan program-program penanggulangan kemiskinan sekaligus sebagai team pengendali Program PNPM Mandiri yang bertugas membangun sistem database program.

Tursiah

Manager Program

Tursia, yang biasa akrab di panggil dengan Chia adalah salah seorang dari team yang ikut menggerakkan KKI PK. Tanggungjawab utamanya adalah melakukan pengawalan pada program-program yang dijalankan KKI PK. Dan memastikan komunikasi yang intens kepada relasi-relasi KKI PK. Keahlian lain yang dimiliki adalah sebagai analis untuk program-program mainstreaming gender, dan isu-isu perencanan serta penganggaran yang responsive gender, dan inclusive. Tanggungjawab lain yang juga kini dilakukan adalah menulis content web KKI PK.

Yohanes Da Masenus Arus

Analis assessment, development, dan MEL

Yohanes merupakan salah satu analis KKI PK. Memiliki keahlian dalam bidang strategi pengembangan kelembagaan dan program, assessment, dan beberapa kajian riset terkait dengan isu-isu hak-hak azasi manusia. Selain itu, Yohanes memiliki kemampuan dalam monitoring dan evaluasi dengan menggunakan metode partisipatory, dan pembelajaran. Beberapa proyek yang telah ditanganinya adalah konsultan MEL untuk CIRCLE Indonesia. Konsultan SILE/LLD-CIDA dengan menggunakan pendekatan isu-isu RBM.

Andik Hardiyanto

Analis kebijakan publik

Salah satu yang menjadi keahlian Andik adalah terjadinya proses-proses pengembangan kebijakan-kebijakan terkait dengan agraria dan kebijakan tata ruang penggunaan lahan. Andik merupakan salah satu team KKI PK yang berada dalam ruang lingkup isu pertanahan, mapping kegunaan lahan dan pengembangan lahan hutan. Isu-isu konflik kehutanan dan desa adat pun menjadi salah satu isu yang didalami dan dikuasai oleh Andik. Kini, Andik pun di minta untuk menjadi dewan pengarah di Perkumpulan HuMA yang menitikberatkan pada proses advokasi penetapan hutan adat sebagai bagian dari reforma agrarian.

Hernindya Wisnuadji

Analis pengembangan potensi desa, perencanaan dan penganggaran

Adji, memiliki keahlian dalam memfasilitasi proses-proses perencanaan dan penganggaran yang partisipatif dan responsive gender. Sebagai seorang yang pernah menjabat sebagai Manager program di IDEA Jogja, Adji terbiasa dalam hal tulis menulis. Salah satu tulisannya yang telah diterbitkan adalah “Ketika warga mengawasi Negara” merupakan hasil dari proses panjang Adji dalam mengawal program-program terkait dengan penganggaran. Adji pun banyak terlibat dalam advokasi-advokasi yang menggunaka media komunikasi lain seperti radio. Dan Adji pun merupakan salah satu inisiator dan katalis dalam pengintegrasian wilayah agropolitan di Pojong.

Triwahyuni Suci Wulandari

Analis Anggement, Pendampingan, dan pengembangan gerakan perubahan

Fasilitator merupakan salah satu keahlian yang dimiliki Uci. Salah satu keinginannya adalah menjadi  pekerja professional pada rekayasa sosial dan asistensi tekhnokratis di bidang penanggulangan kemiskinan daerah ingin mendorong terwujudnya masyarakat yang berdaya dan terwujudnya kesejahteraan sosial melalui advokasi kebijakan publik yang inklusif. Keinginannya ini di dorong dengan keahlian yang dimilikinya, selain sebagai fasilitator,Uci pun melakukan pendampingan-pendampingan terkait anggaran yang pro poor dan responsive gender baik kepada komunitas warga dan Pemerintah Daerah. Perempuan satu ini pun aktif dalam menulis dengan tema-tema yang terkait dengan kemiskinan dan perempuan.

Gunung Wiryanto

Analis Perencanaan dan Penganggaran yang pro poor dan responsive gender serta BUMDes

Isu-isu tentang perencanaan dan penganggaran yang partisipatif dan inklusif,  membangun kerjasama antar desa dan pedesaan, serta membangun kemandirian dan pengelolaan BUMDes merupakan keahlian yang dimiliki oleh Gunung. Kini, Gunung pun aktif dalam memfasilitasi proses-proses perencananaan satu data yang di inisiasi KKI PK di wilayah Jawa Tengah. Sebagai seorang fasilitator, Gunung pun melakukan kolaborasi aktif dengan pemerintah Pusat, Daerah, dan Kabupaten untuk mendorong kesejahteraan di desa.

Siti Inayah

Analis Pertanian dan Pengembangan ekonomi mikro

Inayah adalah salah satu team KKI PK yang berada di wilayah Jawa Tengah. Sebagai seorang penggerak petani perempuan, Inayah memiliki kapasitas pemberdayaan petani dengan baik. Selain itu, Inayah pun membangun struktur pengembangan ekonomi pedesaan melalui kredit-kredit usaha mikro petani. Untuk mewujudkan social entrepreneurship di kalangan perempuan petani di Jawa Tengah, Inayah kini menduduki posisi Biro petani Perempuan di wilayah Jawa Tengah.

Muliadi Prajitno

Analis Advokasi, dan Anggement multipihak

Biasa di panggil dengan sebutan Mul, memiliki kapasitas dalam melakukan monitoring, advokasi, pendampingan, pengorganisasian kelompok dan engagement dengan Pemerintah. Komunikasi intensif dengan pengambil kebijakan di wilayah Sulawesi Selatan untuk membuka ruang komunikasi antara Pemerintah dan masyarakat. Kerja-kerja untuk membuka block akses bagi orang miskin dan perempuan adalah salah satu bagian dari tugas dan tanggungjawab yang kini menjadi focusnya.

Kominta Sari Purba

Analis Agribisnis dan Usaha Kecil Mikro

Kominta, adalah salah satu team KKI PK yang juga focus pada persoalan Agribisnis dan pengembangan usaha kecil mikro. Selain itu, pengawalan terhadap dokumne-dokumen desa serta penyusunan anggaran serta rencana daerah terkait dengan penanggulangan kemiskinan juga menjadi salah satu keahlian Kominta. Untuk mendorong terjadinya perubahan kesejahteraan pada masyarakat, maka diperlukan komunikasi aktif, kerja kolaboratif dan partisipasi katif antara Pemerintah dan Masyarkat, hal-hal tersebut yang menjadi tanggungjawab Kominta di wilayah Sumatera Utara.

Muhammad Ikhsan

Analis Geologi

Icen, merupakan satu-satunya analis yang bergerak di isu Geologi. Kapasitas lain yang dimiliki oleh Icen adalah mendampingi desa untuk dapat memanfaatkan potensi sumberdaya mineral dan lainnya yang ada di desa. Pemanfaatan sumberdaya dan memahami kontur alam akan menajdi salah satu alat bagi Icen untuk melakukan analisa sosial terkait dengan perubahan prilaku dan budaya suatu masyarakat tertentu. Kini Icen menjadi team KKI PK untuk melakukan riset-riset terkait dengan potensi desa.

Sara Lery Mboeik

Analis kebijakan Pembangunan dan Gender Budgeting

Lery, menjadi bagian team KKI PK untuk program-program penanggulangan kemiskinan dengan mengunakan pendekatan partisipatif, responsive, dan adil gender. Aktivis perempuan yang satu ini aktif dalam melakukan analisa-analisa APBD terkait dengan program-program yang berpihak pada perempuan dan anak di Nusa Tenggara Timur. Keaktifannya dalam mengadvokasi isu kesetaraan Gender pun membawa Lery pada kerja-kerja kolaboratif dengan pengambil kebijakan termasuk terlibat secara aktif dalam memberikan pelatihan-pelatihan kepada partai-partai yang ada untuk sensitive terhadap gender

Vinsensius Sangu

Analis pembangunan yang berkeadilan

Konsep pembangunan yang berkeadilan menjadi salah satu focus dari Vinsen. Kini, sebagai salah seorang team yang bergabung dengan KKI PK, Vinsen turut pula mempromosikan keadilan kesejahteraan di wilayah NTT. Kerja-kerja advokasi untuk pemenuhan kebutuhan dan hak-hak dasar menjadi salah satu bagian dari tugas advokasi nya. Vinsen selain aktif melakukan advokasi kebijakan, dia pun aktif dalam memfasilitasi kelompok disabilitas, perempuan miskin, dan isu-isu terkait dengan lingkungan dan pemanfaatannya.

Share This